Hanya 20 Menit, Tidur Siang Dapat Mengubah Hidup Anda Lebih Baik!

9 months ago - 3 min read


your-image
“Tidur siang singkat dapat mengurangi tingkat kelelahan, meningkatkan waktu reaksi, belajar, berkordinasi,” kata Michael A. Grandner, Ph.D., instukrur dan anggota dari Center for Sleep and Circadian Neurobiology di University of Pennsylvania, US.

Menurut Grandner, waktu yang baik untuk tidur siang adalah setelah 8 jam Anda bangun dari tidur malam. Idealnya lakukan tidur siang selama 20-30 menit agar dapat menjaga fungsi otak dan mencegah Anda terasa pusing apabila terlalu lama tidur.

your-image

Nah berikut manfaat tidur siang bagi kehidupan Anda :

Meningkatkan daya ingat

Studi yang dilakukan para peneliti dari Northwestern University,US, menunjukan bahwa peserta studi dapat memainkan sebuah lagu baru pada keyboard ketika baru sekali didengar setelah tidur siang. Selain itu ada juga studi dari para peneliti University of California, Berkeley, US, yang menemukan bahwa daya ingat secara singkat berada pada hipokampus (bagian dari otak besar yang terletak di lobus temporal) sebelum dikirim ke korteks prefrontal untuk penyimpanan permanen, semua proses ini terjadi selama Anda tidur siang setidaknya selama 20 menit.


Meringankan stres


Sebuah hasil penelitian yang dilakukan di Jepang menyebutkan bahwa perawat medis yang bekerja malam hari memiliki tingkat stres yang rendah karena selalu melakukan tidur siang pada dengan teratur selama 30 menit. Para peneliti juga menyimpulkan bahwa jika para petugas medis rutin tidur siang selama waktu istirahatnya, mereka akan merasakan manfaat tidur siang yang lebih kuat, seperti misalnya akan selalu lebih waspada. Selain itu sebuah studi dari Allegheny College, Pennsylvania, US, juga mengatakan, bahwa siswa yang tidur siang setelah mengerjakan tugas matematika yang berat, memiliki tekanan darah lebih rendah secara signifikan dan juga lebih rendah terkena risiko kardiovakular dibandingkan mereka yang tetap terbangun setelah mengerjakan tugas tersebut.


Menurunkan berat badan


“Apa yang kita ketahui tentang tidur dan penurunan berat badan, kurang waktu tidur berarti semakin kecil kemungkinan Anda untuk menurunkan berat badan,” ujar Michael J. Breus, Ph.D., penulis The Sleep Doctor’s Diet Plan: Lose Weight Through Better Sleep. Menurut Breus, jika seseorang secara konsisten melakukan tidur saing selama 90 menit yang mencakup siklus tidur penuh akan membantu menurunkan defisit tidur Anda serta mengubah tingkat hormon ghrelin dan leptin, sehingga lebih mungkin mencegah berat badan naik. Leptin hormon yang memberitahu Anda merasa kenyang, sedangkan gherelin memberi Anda nafsu makan. Sebuah studi lain di University of Chicago dan Stanford University menemukan bahwa ketika seseorang kurang tidur, tingkat hormon leptin berkurang dan hormon ghrelin meningkat yang berarti ini akan berdampak seseorang akan selalu merasa lapar dan berisiko obesitas.


ayo jangan lupa tidur siang sob!

Tulis cerita menarikmu di Penna!

Tags :

3 124 reads

Rizki Darmawan@darmawanr

Follow
Comments • 1

Rizky Fajar Shofihaq @shofihaq27 8 months ago

siip
Reply