SEO vs PPC, Kapan Waktu Yang Tepat Menggunakannya

SEO atau PPC (Google AdWords)?

10 months ago - 10 min read
your-image

Saat kita me-launching bisnis kita melalui online, ketika mulai memasarkannya kita mungkin akan memiliki pertanyaan “Apakah saya harus menggunakan SEO atau PPC?”

Jawabannya: ‘Tergantung‘.

Mungkin Anda akan bertanya lagi, “Tergantung pada apa?”. Saya akan mencoba menjelaskannya pada postingan ini.

Perbandingan

Search Engine Optimization (SEO) adalah bagaimana website kita mendapat peringkat baik di mesin pencari (Google, Bing, Yahoo, dll) untuk kata kunci tertentu. Contoh, jika kita menjual sebuah Sepatu Handmade, kemudian ketika ada orang yang ‘googling’ dengan kata kunci “jual sepatu handmade” atau “beli sepatu handmade” maka website kita yang akan muncul di rangking teratas.

Pay-Per-Click (PPC) adalah sebuah strategi iklan secara online yang akan menempatkan website kita dibagian paling atas pada halaman hasil pencarian yang seolah-olah terlihat seperti hasil pencarian. Dalam hal ini, kita membayar ke Google (via AdWords) agar website kita muncul di ranking atas daripada kita mengandalkan algoritma pencarian Google untuk menentukan situs mana yang layak mendapat peringkat teratas.

Pada kedua kasus tersebut, kita sama-sama perlu untuk melakukan investasi. Jika memilih SEO, kita akan membayar perusahaan SEO profesional untuk bekerja dengan ‘magic’ sehingga situs kita muncul di bagian atas halaman hasil pencarian. Jika memilih PPC, kita akan membayar langsung kepada Google.

Untuk kasus SEO, kalaupun Anda ingin mengoptimasinya sendiri, Anda akan tetap memerlukan investasi. Karena teknik SEO jika dilakukan dengan baik, membutuhkan biaya yang banyak.

Keuntungan dan Kelemahan

Kelemahan terbesar pada SEO adalah Anda tidak akan melihat hasilnya dalam waktu dekat, mungkin bisa dalam hitungan bulan Anda baru akan melihat hasilnya. Jika Anda membutuhkan untuk segera di halaman pertama pada halaman hasil pencarian dan bisnis Anda adalah sebuah brand baru, maka SEO bukanlah pilihan yang tepat.

Selain itu, tidak ada jaminan pada SEO. Bahkan seorang SEO profesional terbaik pun tidak mengetahui rahasia algoritma pencarian Google. Meskipun mereka cukup tahu tentang beberapa faktor penentu rankring, mereka tidak bisa membuat pernyataan secara pasti bahwa apa yang mereka lakukan akan membuat situs anda berada pada ranking 1, atau bahkan sekedar di halaman 1.

Perlu diingat bahwa Google juga mengubah algoritma percariannya setiap saat. Hal itulah yang sering dikhawatirkan para praktisi SEO, ketika Google melakukan update akan menyebabkan situs-situs klien mereka turun di hasil pencarian. Jadi, bahkan jika sebuah perusaah SEO besar mengoptimasi situs Anda dengan baik untuk beberapa bulan ke depan, tidak ada jaminan bahwa itu akan berada pada posisi tersebut untuk jangka panjang. Tentu saja, di sisi lain jika Anda memiliki peringkat yang baik di mesin pencari, Anda bisa menghasilkan uang yang banyak, dan pada umumnya biaya SEO lebih sedikit daripada biaya PPC.

your-image

Di sisi lain, PPC lebih memiliki kepastian. Anda bisa membuat situs Anda langsung berada di halaman pertama Google tanpa perlu mengunggu waktu berbulan-bulan. Anda juga bisa mendorong situs Anda ke bagian atas dengan strtategi yang tepat.

Apa strategi iklan AdWord yang terbaik untuk membuat situs Anda berada di bagian paling atas dari hasil pencarian? Google memberikan beberapa saran yang bisa Anda lakukan:

  • Fokus pada relevansi: Pastikan kata kunci, iklan, dan landing page Anda relevan dengan apa yang ditelusuri pelanggan. Jika iklan Anda tidak relevan, iklan tersebut mungkin tampil, tetapi tidak akan mendapatkan banyak klik – hal ini yang mengindikasikan pada performa yang buruk dari waktu ke waktu.
  • Selalu perbarui daftar kata kunci Anda: Apakah Anda menggunakan kata kunci yang tepat untuk menjangkau pelanggan? Pastikan bahwa kata kunci yang Anda gunakan untuk menjangkau pelanggan adalah pilihan terbaik untuk situs Anda.
  • Selalu buat tawaran yang kompetitif: Coba pertahankan tawaran Anda cukup tinggi sehingga Anda dapat bersaing dengan pengiklan lain yang juga menawar kata kunci yang sama seperti Anda.
  • Sering periksa akun Anda: Melakukan sedikit perbaikan namun rutin dapat berdampak besar nantinya. Anda akan menemukan cara untuk mengoptimalkan kampanye AdWords jika Anda memeriksa akun Anda secara teratur.

Kelemahan PPC adalah Anda harus selalu menyediakan biaya untuk menjalankannya. Berkebalikan denga SEO, jika Anda berhasil mendapat ranking tinggi di hasil pencarian, mungkin Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya.

Perlu diketahui, Anda mungkin tidak akan pernah mencapai puncak dari hasil pencarian tanpa PPC. Jika situs Anda berada pada kata kunci yang kompetitif, empat peringkat pertama hasil pencarian kemungkinan besar adalah iklan AdWords, sebaik apapaun situs Anda terhadap algoritma pencarian Google, hanya akan menempatkan situs Anda di posisi ke 5.

Mulailah Dengan Menjalankannya Sesuai Anggaran

Setelah Anda mengetahui perbedaan antara SEO dan PPC, saatnya Anda memutuskan mana yang terbaik untuk bisnis Anda. Di beberapa titik pada proses peluncuran produk Anda, buat anggaran proyek yang termasuk pendapatan dan pengeluaran. Anda dapat menggunakan anggaran itu untuk menentukan akan menggunakan SEO atau PPC.

Tanyakan pada diri Anda sendiri: Berapa anggaran yang mampu Anda habiskan untuk memperoleh satu pelanggan? Hitung margin minimum yang Anda butuhkan untuk mencapainya dan tetap menguntungkan. Kemudian, gunakan angka itu untuk menentukan strategi digital marketing Anda.

Contoh, jika biaya kampanye PPC adalah $0.05 per klik dan 1 dari 10 orang yang klik mengarah ke penjualan, berarti Anda menghabiskan $5.00 untuk digital marketing per penjualan. Jika setiap penjualan Anda mendapatkan pemasukan sebesar $100, maka keuntungan Anda $95.00, belum termasuk biaya pokok penjualan dan biaya operasional lainnya. Tambahkan biaya-biaya lain dalam proyeksi laba-rugi dan tanyakan pada diri Anda sendiri apakah itu layak.

Waktu Adalah Uang

Seperti yang kita ketahui, bahkan upaya SEO sebesar apapun tidak akan menempatkan situs Anda di bagian atas halaman hasil pencarian dalam waktu semalam. Yang mungkin akan menjadi masalah jika Anda perlu untuk menghasilkan penjualan secepatnya.

Jika Anda tidak bisa menunggu untuk segera menghasilkan penjualan dan perlu segera eksposur bisnis Anda dengan maksimal, Anda harus menggunakan PPC. Anda tidak bisa mengandalkan Google untuk mendorong halaman Anda ke peringkat tinggi hanya karena Anda meluncurkan produk Anda.

Yang Terbaik Dari Keduanya

Jika Anda tidak dibatasi oleh anggaran, Anda bisa menjalankan keduanya, kampanye PPC dan menggunakan SEO pada saat bersamaan. Banyak perusahaan melakukan hal tersebut. Bahkan itu adalah cara terbaik untuk diversifikasi traffic generation dan memastikan pendapatan dihasilkan dari dari beberapa channel.

Kampanye PPC dapat digunakan untuk membangun identitas nama brand dari pertama kali bisnis itu diluncurkan sehingga Anda tidak perlu menunggu berbulan-bulan untuk mendapat peringkat tinggi di mesin pencari. Dan memungkinkan memberi Anda penjualan dalam waktu singkat.

Pekerjaan SEO adalah pekerjaan yang membutuhkan waktu lama, solusi strategis. Sementara kampanye PPC Anda berjalan, profesional SEO Anda akan membuat situs Anda berada di peringkat atas dari hasil pencarian untuk berbagai kata kunci.

Dalam hal ini, Anda mendapatkan yang terbaik dari kedua strategi digital marketing tersebut.

Jawaban Akhir SEO vs PPC

Jika situs Anda adalah sebuah bisnis baru dan Anda tidak memiliki pendanaan yang besar, PPC adalah pilihan terbaik dengan asumsi situs Anda bisa mengoptimalkan setiap traffic yang masuk dari PPC dengan mengkonversinya menjadi sebuah pemasukan bagi arus kas keuangan Anda. Atau jika Anda ingin melakukan SEO sendiri, Anda akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mendatangkan traffic ke situs Anda. Namun, jika Anda memiliki dana dan dapat berinvestasi pada keduanya, lakukanlah PPC dan SEO untuk situs baru Anda tersebut. Harap diingat, SEO pada umumnya adalah sebuah strategi jangka panjang. Akan tetapi, setelah Anda berhasil melakukan SEO, Anda akan mendapat keuntungan jauh lebih tinggi.


Artikel ini adalah salinan dari artikel di website saya http://www.ekorahayu.com/seo-vs-ppc-kapan-waktu-yang-tepat-menggunakannya.html

Temukan tulisan saya yang lainnya di www.ekorahayu.com dan www.duniateknik.web.id

Tulis cerita menarikmu di Penna!

Tags : Internet Marketing SEO PPC Digital Marketing Startup

2 176 reads

Eko Rahayu@ekorahayu

Passionate on Internet Marketing, Startup Company, and Entrepreneurship

Follow
Comments • 1

Hamdan Syamsudin @hamdansyam 6 months ago

kayanya cara PPC bisa saya gunakan buat blog saya
Reply