Satu Komoditas Penting Jaman Ini

Kuasailah, anda akan selalu diperhitungkan

1 year ago - 3 min read

Beberapa tahun lalu saya memperoleh nasehat ini, “kita dilahirkan untuk berkarya, bukan untuk bersaing”. Tentu saya meragukannya, karena konon persaingan kita perlukan sebagai energi pertumbuhan.  Namun semakin saya jalani nasehat ini, semakin saya merasakan kebenarannya.  Terlebih di jaman ini, nasehat ini semakin terasa relevan dan benar.

 Bagaimana bisa ?

Perubahan komoditas

Jaman berubah, aturan main turut berubah.  Ketika memberikan tugas penyusunan makalah kepada mahasiswa, saya sering mengingatkan mereka atas situasi ini.  Dua pulahan tahun lalu, ketika kita menyusun makalah, masalah terbesar kita adalah kelangkaan atas informasi baru.  Upaya kita terbesar berada pada pengumpulan informasi.  Di sanalah kita dihargai. Semakin lengkap makalah anda, semakin dihargai.  Namun, permainan berubah.  Informasi bukan hanya tersedia dalam jangkuan kita, namun juga sangat melimpah.  Masalahnya justru informasi telah bercampur dengan sampah.  Nah, kemampuan kita untuk memilah, ya memilah informasi menjadi lebih kontekstual dan berdaya guna, siap diolah untuk mengasilkan sesuatu yang bernilai baru, itulah tantangan saat ini.  Begitulah ilustrasi sederhana berubahnya komoditas yang saya maksud.

Jangan pula menyalahartikan maksud saya dengan mengatakan bahwa kompetisi itu tidak ada. Faktanya kompetisi ada dimana-mana, dalam setiap segi kehidupan, produk, atau profesi.  Namun pertanyaan saya, apakah anda benar-benar memerlukannya untuk bertumbuh?.  Maksud saya, anda bisa melampauinya, jika saja mengembangkan satu komoditas yang saya maksud.

 

your-image



Melampaui Kompetisi

Bayangkan diri anda adalah sebuah potongan dari puzzle.  Anda sangat unik, dan keunikan anda tidak bisa tidak sangat dibutuhkan untuk melengkapi sebuah karya menjadi indah.  Tanpa kehadiran sepotong puzzle, yang itu adalah diri anda, rencana sebuah karya indah tidak pernah selesai.

Demikianlah, jika kita berhasil menemukan potensi unik kita, lalu mengembangkannya dengan segenap upaya dan tulus mengkontribusikannya, tidak bisa tidak, anda pasti diperhitungkan.  Pada saat itu anda sama sekali tidak membutuhkan kompetisi.  Semangat anda hanyalah semangat berkarya. 

Demikian saya sering pula menekankan pada teman-teman startup, unique value adalah kekuatan bagi sesuatu yang kecil, karena tidak tergantikan.  Keunikan sangat dihargai di jaman ini.  Temukanlah itu dan bangun. Ini juga nasehat saya buat sahabatku founder penna.id ini, berusahalah untuk selalu menghadirkan penna.id ini dalam keunikannya sendiri, dan yakinlah akan selalu diperhitungkan. 


Tulis cerita menarikmu di Penna!

Tags :

2 256 reads

Iwan Iwut Tritoasmoro@iwaniwut

Follow
Comments • 0