SURGA TERSEMBUNYI DI PULAU NIAS

Pantai Ladeha , destinasi wisata yang layak disebut Bali baru Indonesia.

1 month ago - 7 min read
your-image

Siapa yang tidak kenal dengan Nias ? Sebuah pulau yang terletak di sebelah barat pulau Sumatera . Jika mendengar kata Nias , maka sebagian dari kita mungkin langsung teringat dengan Lompat batu nya atau dengan keindahan Pantai Sorake dan Lagundri yang terkenal dengan Ombaknya yang sering disandingkan dengan Hawai . Yap, Nias memang tidak lagi hanya terkenal di Indonesia saja melainkan sudah ke mancanegara. 

Berikut ini saya akan bagikan sedikit pengalaman saya ketika berwisata di sebuah Pantai yang menurut saya sangat menakjubkan tetapi masih sedikit orang yang tahu keberadaan Pantai ini, dan pantai tersebut adalah pantai Ladeha . Mungkin bagi orang yang belum pernah tahu atau belum pernah kesini pasti merasa asing dengan nama pantai ini .Yap, jika melihat foto diatas maka anda jangan berpikir bahwa saya sedang berada di Water Blow Nusa Dua Bali . Sekilas memang mirip namun jelas itu bukan di Bali melainkan di pantai Ladeha Nias . 

Pantai Ladeha ini terletak di desa Lolomoyo, Kecamatan Amandraya , Kabupaten Nias Selatan . Pantai ini berjarak sekitar 35 KM dari Kota Telukdalam ( Ibukota Nias Selatan ) atau 1 jam perjalanan .Untuk mengakses pantai ini dapat ditempuh dengan menggunakan sepeda motor dan kendaraan roda empat .

Pada saat itu , saya pergi ke pantai Ladeha menggunakan sepeda motor bersama seorang teman saya . Nah kami mulai perjalanan menuju kesana sekitar pukul 1 siang setelah saya selesai beribadah pada hari Minggu . Cuaca saat itu dari kota Telukdalam sangat cerah berawan namun ketika sampai di Kecamatan Amandraya kurang lebih setengah jam perjalanan lagi hingga sampai ke pantai , cuaca tiba-tiba mendung lalu  kemudian Hujan deras pun datang .Kami pun sepakat untuk berteduh sambil menunggu hujan reda . Awalnya kami merasa putus asa karna sempat hujan namun kami tetap melanjutkan perjalanan tersebut sekalipun hujan belum terlalu reda . Di tengah perjalanan menuju pantai Ladeha yang semakin dekat , kami sering menjumpai keadaan dimana kondisi jalan menuju pantai tersebut sedikit ekstrim karna bukan di aspal melainkan kondisi jalan setapak ditambah keadaan jalan yang licin karna sehabis hujan . Kerap kali teman saya turun dari sepeda motor untuk membantu saya melewati jalan tersebut karna tidak memungkinkan untuk berdua ( berboncengan ) diatas motor tersebut .

Setelah menempuh perjalanan panjang, akhirnya kami sampai di tempat tujuan kami yaitu Pantai Ladeha . Yap, ketika sampai di pantai ini , pertama kali kita akan disambut dengan pemandangan pantai dengan pasir putih yang luas serta deburan ombak yang semakin mengobati rasa capek ketika menempuh perjalanan untuk berkujung ke pantai ini .

Suasana di pantai ini sangatlah tenang dan tidak begitu ramai , bahkan kami hanya melihat beberapa orang saja yang ada di pantai ini. Hal tersebut mungkin disebabkan karna objek wisata ini belum terlalu dikenal atau diekspos wisatawan atau mungkin mengingat kondisi jalan yang ekstrim sehingga membuat wisatawan berpikir dua kali untuk ke tempat ini. Namun, bagi saya hal tersebut bukanlah alasan , karna sesampainya ditempat ini kita akan merasakan surga wisata yang sangat luar biasa yang mampu menghilangkan rasa capek atau apapun sesuatu yang membuat kita strees , itu karna pemandangan yang ditawarkan pantai Ladeha ini sangat sangat menakjubkan. Setiap sudut pantai ini dapat anda jelajahi sendiri dan jangan lupa mengabadikan nya melalui Kamera Digital ataupun Kamera Handphone anda.Nah , jika anda sudah puas menikmati hamparan pasir dan ombak laut pantai Ladeha ini, maka anda juga jangan lupa untuk menikmati pemandangan Batu Karang di ujung pantai Ladeha ini. Sekilas Susunan Batu karang di Pantai ini memang mirip dengan Water Blow Nusa Dua, Bali ( Bisa search di Google bro/sist wkwkw ).


Anda dapat menaiki susunan batu karang tersebut satu persatu , mulai dari yang paling rendah ke yang paling tinggi. Di bagian paling tinggi anda dapat melihat pemandangan laut biru yang sangat menakjubkan seperti yang ada di foto saya , namun tetap anda harus berhati-hati saat menaiki batu karang tersebut , karna batu karang tersebut ada beberapa yang sangat tajam dan licin.Karna seru nya menjelajahi pantai Ladeha ini sampai membuat kami lupa waktu . Ketika  sore hari tiba saya dan teman saya pun memutuskan untuk kembali ke kota dan meninggalkan pantai Ladeha tersebut.

Demikianlah akhir dari cerita perjalanan saya di pantai Ladeha yang ada di Nias Selatan. Dari perjalanan ini, saya pribadi setuju kalau destinasi wisata Pantai Ladeha ini layak disebut sebagai Bali baru di Indonesia dikarenakan keindahan pantai nya yang patut di sejajarkan dengan pantai yang ada di pulau Bali.Saya juga berharap kedepan nya Pemerintah Kabupaten Nias Selatan lebih memperhatikan Objek wisata seperti pantai Ladeha ini , mulai dari perbaikan jalan menuju pantai ini ataupun pengembangan di area pantai Ladeha itu sendiri .Saya juga berharap setelah membaca tulisan saya ini secara tidak langsung saya mempromosikan wisata pantai Ladeha ini kepada seluruh pembaca sehingga menambah pengetahuan tentang wisata di Indonesia khusus nya di Pulau Nias.

Dan terakhir saya ucapkan terimakasih kepada penna.id yang memberikan ruang untuk saya menulis sedikit tentang pengalaman saya ini dan juga kepada seluruh pembaca yang meluangkan waktunya untuk membaca cerita pengalamam saya ini.


Bagaimana, apakah tertarik untuk berkunjung ke pantai Ladeha ini ??? 


Tulis cerita menarikmu di Penna!

Tags : Traveling Jelajah Indonesia Penna Sahabat Indonesia

162 835 reads

Martin Boy Tafonao@martinboy

Faculty of Law Atmajaya Yogyakarta University - Cp. 081362173059

Follow
Comments • 34

Obed Junifer Hutapea @obed juniferhutapea 1 month ago

Kepingan surga
Reply

Tiffanierahmasarikusuma @tiffanierahmasari 1 month ago

Woww jd pengen kesini
Reply

Mhd Ilham T H @ilhmath 1 month ago

Nias juara euy 🙌🙌
Reply

sellymustikadewi @sellymustika 1 month ago

Mantipss😍😍
Reply

Muhammad Ridwan Nasution @muhammadnasution 1 month ago

keren banget ya ternyata masih banyak surgasurga yang masih tersembunyi😍😍😍😍😍😍 semoga bisa kesana aamiin
Reply

Karina Laia @karinalaia 1 month ago

😍😍😍
Reply

Wiraa @wiraawiraa 1 month ago

Waw nich bgus bingitzz
Reply

Tafon @tafontafon 1 month ago

Mantappp...
Reply

Zebta Natania @zebtanatania 1 month ago

bang kapan balik ke Nias ? ajak kesitu yaaaaa
Reply

Edwinda Friska Fabrianty @edwinda friska fabriantytampubol 1 month ago

Enaklah ya bg yg udah jadi penulis 😂
Reply

Loadmore