Mau buat Startup? fikir-fikir lagi deh

Ya, itu adalah salah satu ungkapan dari salah satu pemateri, Mas Adi Panuntun - Cofounder & CEO 9Matahari. Mas Adi menyampaikannya sambil menerawang jauh melintas batas waktu yang telah dilaluinya, tentunya sambil tertawa ya :D (acaranya rileks)

7 months ago - 5 min read

Tentu saja kita seruangan yang dipenuhi 200 peserta dari Bandung yang duduk berjajar rapih sontak tertawa lepas dan seakan tak percaya. Gimana gak percaya? karena event-nya sendiri ini untuk menyemangati rekan-rekan yang akan merintis Startup, tapi guyonannya membuat kita sadar, bahwa perjalanannya itu tersirat cukup sulit dan tidak mudah.

Karena jika kita tidak di-ingatkan seperti itu, kita nanti akan buta dan terlena. Hanya mengejar uforia dan tak tahu apa yang akan dihadapi sebenarnya.

Btw, event yang saya maksud disini adalah event Ignition-1 Bandung yang merupakan rangkaian dari acara Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dan dilaksanakan di Auditorium Unikom Bandung pada hari sabtu 5 Nov 2016.

your-image
#1000StartupDigital

Ada begitu banyak pemateri yang dihadirkan pada acara ini, inti dari acara Ignition ini adalah supaya kita sebagai perintis atau founder paham dan sadar betul akan apa yang kita bangun dan kita tuju. Sehingga menanamkan pola pikir yang benar dalam merintis Startup sangat ditekankan sekali pada acara ini. Mulai dari ide, market validation, eksekusi ide, mendapatkan co-founder, dan lain sebagainya.


Beberapa nasehat yang saya catat dari para pemateri untuk dijadikan pelajaran bagi kita semua.

1. Get Opportunity and Focus on Solution

Dimana ada masalah, disitu ada peluang. Artinya ketika menemukan suatu masalah, berarti ada market disana, ada peluang disana, ada sesuatu yang bisa kita selesaikan dengan ide atau solusi yang kita tawarkan. Tidak melulu masalah yang besar, mulailah dari masalah-masalah yang kecil tetapi apa yang kita solusikan memberikan dampak yang besar.

Untuk memberikan dampak yang besar, kita benar-benar dituntut untuk fokus menyelesaikan masalah yang kita hadapi dengan solusi yang akan kita berikan. Fokus disini adalah solusi yang kita berikan benar-benar menyelesaikan masalah dan tidak melebar menjadi konteks yang berbeda. Bahasa gampangnya To The Point.


 2. BIG THINGS

Gantungkan cita-citamu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang.
Ir. Soekarno

Tak ada kata lain selain gantungkan cita-cita kita setinggi langit, seperti apa yang dikatakan Presiden pertama kita Ir. Soekarno. Cita-cita kita harus besar, ide kita harus besar, dan pastinya memberikan dampak manfaat yang besar pula.

Tapi ingat, apa yang kita cita-citakan atau targetkan harus terukur juga. Artinya kita sudah mengetahui step-step apa yang akan kita lewati untuk mewujudkannya. Jangan sampai kita hanya punya ide, dan ide itu hanya angin lalu saja. Saya cuma mau bilang, If you can dream it, you can do it.


3. Set  your Vision, not Money

Didalam dunia bisnis, setiap orang pasti ingin untung (uang). Tapi tak selamanya dalam bisnis itu kita berbicara tentang uang. Uang memang perlu untuk tumbuh, tapi jika tujuan kita hanya uang, siap-siap energimu akan segera habis dan mati. Karena dunia bisnis itu penuh dengan ketidakpastian.

Kita perlu hal yang menguatkan kita untuk berkembang dan terus maju, yaitu visi. Visi disini jelas sekali untuk apa kita membuat ide kita dan untuk apa juga kita memperjuangkan ide kita. Visi yang kuat dan jelas, sangat berpengaruh sekali dalam menentukan sikap dan arah bisnis kita kedepannya. So, tentukan visimu segera dan bergeraklah.


4. Take care of your People who will make your dream Reality

If you want to go fast, go alone. If you want to go far, go together.
- African proverb

Kamu pasti pernah mendengar quote diatas dan sangat familiar. Kita bisa saja menarik orang dari mana saja dengan gaji yang tinggi, tapi kita tidak bisa membeli loyalitas mereka. Untuk berjalan jauh, kita harus membutuhkan orang yang loyal dan mau bergerak bersama. Dan ketika kita sudah menemukannya, sudah sepantasnya kita menjaganya. Dengan cara apa? Silahkan berfikir sendiri, setiap orang memiliki seninya masing-masing dalam menjaga orang terdekatnya.

So, mungkin itu beberapa hal yang dapat saya share. Semoga membuka wawasan kita dan menjadikan pribadi kita lebih baik lagi kedepannya.

Salam dari Bandung - Ridwan Pujakesuma.

your-image
Ignition Bandung 1000StartupDigital

Tulis cerita menarikmu di Penna!

Tags : Startup 1000 Startup Digital Bandung Unikom Ignition

1 184 reads

Ridwan Pujakesuma@ridwan

Fullstack Developer. I love code and design. Founder of Penna

Follow
Comments • 0